73 Partai Telah Terdaftar, Justru Kontraproduktif

JAKARTA – Berahi mendirikan partai masih sangat besar. Hingga kini, tercatat 73 partai baru yang telah mendaftar ke Depkum HAM. Tapi, beberapa kalangan menilai banyaknya partai itu justru akan kontraproduktif karena akan menghilangkan suara rakyat.

Meski telah resmi tercatat, sejumlah partai baru tersebut belum diverifikasi. “Soal lolos tidaknya, masih belum tentu. Mereka hanya mendaftar,” jelas Menkum-HAM Andi Mattalata di gedung DPR, Senayan, Jakarta, kemarin (1/10).

Jumlah 73 parpol yang telah terdaftar tersebut disampaikan mantan ketua Fraksi Partai Gokar DPR itu saat rapat kerja (raker) dengan komisi III. Dia menyatakan, jumlah sebanyak itu akan menyulitkan pihaknya saat verifikasi penentuan lolos tidaknya sebagai peserta pemilu. “Kami juga kesulitan terkait dengan pendidikan bagi masyarakat nanti,” katanya.

Sebab, jelas dia, waktu dan energi yang dibutuhkan untuk menyosialisasikan partai-partai tersebut otomatis lebih besar.

Andi menyampaikan, bila UU Parpol yang sedang dibahas DPR tuntas akhir tahun ini, departemennya bisa mulai memverifikasi awal 2008. “Kalau kami memverifikasi berdasar UU yang lama, lalu tiba-tiba UU Parpol yang baru menentukan kriteria pendirian parpol yang baru, berarti kami kerja dua kali. Pakai uang rakyat dua kali. Terus rakyat marah. Jadi, lebih baik kami tunggu,” tegasnya.(dyn/pri)



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Categories


%d bloggers like this: