Usulkan Program Beasiswa Melalui CSR

BONTANG-Program pendidikan beasiswa Akamigas-STEM yang difasilitasi Kementerian Negara Badan Usaha Milik Negera (BUMN) lewat program Coorporate Social Responsibility (CSR) Pertamina dan Perusahaan Gas Negara, hendaknya bisa diikuti oleh BUMN lain. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan skill dan SDM anka bangsa yang tersebar di seluruh Indonesia. Demikian diungkapkan Wawali Sjahid Daroini saat bertemu dengan Meneg BUMN Sofyan Djalil, di sela pembukaan program pendidikan beasiswa Akamigas-STEM di Gedung Wisuda Pusdiklat Migas, Cepu Jawa Tengah, Kamis (27/9) lalu.

“Agar program ini bisa terus bergulir dan berlanjut, kami harapkan bapak menteri bisa mengkoordinir BUMN-BUM yang ada, agar dalam anggaran biaya untuk beasiswa, ke depan bisa dimasukkan program CSR atau Comdev. Hal ini untuk menunjang program pendidikan beasiswa yang dilaksanakan Kementerian BUMN, seperti yang sekarang berlangsung di Akamigas-STEM,” usul Wawali.

Selain mengusulkan program beasiswa melalui CSR atau Comdev, untuk memudahkan koordinasi antar BUMN, Wawali pun mengusulkan pengelompokan BUMN sesuai bidang masing-masing.

“Sebagai contoh, mungkin bisa dikelompok-kelompokkan. Misalnya pada tahun 2008 grup industri pupuk. Disitu bisa masuk PT Pusri, PT Pupuk Kaltim, PT Petrokimia Gresik, PT Pupuk Kujang dan PT Pupuk Iskandar Muda,” ujar Wawali.

Selanjutnya apda tahun 2009, kata Wawali, program tersebut bisa melalui CSR industri semen.

“Industri semen juga banyak. Ada PT Semen Gresik, PT Semen Tonasa, PT Semen Padang, PT Semen Cibinong dan PT Semen Tiga Roda. Dengan demikian, setiap tahun ratsuan anak-anak lulusan SMK bisa dididik dan dicarikan pekerjaan. Artinya, program ini selain dapat mencerdaskan bangsa, juga ikut mengurangi pengangguran dan mengentaskan kemiskinan secara nyata,” ungkap Wawali.

Dalam kesempatan tersebut, Wawali juga menyampaikan terima kasih kepada Menteri BUMN, karena dua belas peserta dari Bontang bisa diterima untuk mengikuti program beasiswa di Akamigas-STEM.

”Atas nama Pemkot Bontang, kami mengucapkan terimakasih, karena dua belas peserta asal Bontang terpilih untuk mengikuti program pendidijkan beasiswa di Akamigas-STEM. Kebetulan, Pemkot Bontang juga mempunyai program Bontang Cerdas dan Bontang Bebas Kemiskinan yang sejalan dengan program Kementerian BUMN melalui pemberian beasiswa pendidikan yang tepat guna, tepat biaya dan tepat sasaran,”pungkas Wawali.(hms3)


About this entry