Tulis Buku tentang Kinerja DPR

MANTAN Wakil Ketua DPR Zaenal Ma’arif akan kembali ke dunia politik. Namun, dia tidak kembali DPR, melainkan mendeklarasikan pendirian Yayasan Pergerakan Rakyat Indonesia. Selain itu, dia mengaku tengah menyiapkan buku yang berisi pengalamannya selama tiga tahun duduk sebagai pimpinan DPR.

Selama bulan puasa ini, Zaenal fokus menyelesaikan bukunya. “Saya ngoyo untuk mengerjakan buku ini,” ujar pria asal Solo yang masih berurusan dengan hukum karena pernah melaporkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menikah sebelum masuk Akabri tersebut. “Ditargetkan, setelah Lebaran, kerangka acuan buku tersebut sudah selesai,” katanya.

Menurut Zaenal, ide penyusunan buku tersebut ada sejak dirinya masih duduk di DPR. Meski lebih banyak mengerjakan materi buku tersebut sendiri, mantan salah seorang ketua DPP Partai Bintang Reformasi tersebut juga membentuk tim untuk mengumpulkan data-data yang sudah lama tersimpan.

Tentang isi bukunya, Zaenal menceritakan ada beberapa hal penting yang selama ini tak terekam media dan tidak diketahui masyarakat. Khususnya tentang kinerja anggota dewan dalam melaksanakan kebijakan-kebijakan strategis yang diputuskan sidang paripurna. “Saya dulu ketua tim reformasi DPR. Bukunya pun sudah selesai disusun,” tambahnya. (cak)


About this entry