Tim Lumpur DPR ke Sidoarjo



SIDOARJO – Tim Pengawas Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (P2LS) DPR mulai bekerja. Kemarin tim tersebut berkunjung ke Sidoarjo untuk memantau perkembangan terakhir penanganan bencana lumpur itu.

Ke-26 anggota DPR itu memulai kunjungan dengan menggelar pertemuan di Pendapa Kabupaten Sidoarjo. Mereka disambut Bupati Win Hendrarso dan Wakil Bupati Saiful Ilah. Hadir pula Muspida Sidoarjo, Pansus Lumpur DPRD Sidoarjo, para pejabat BPLS (Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo), sejumlah pejabat Lapindo Brantas Inc., dan beberapa wakil warga korban lumpur.

“Ini merupakan hari pertama kami mengadakan kunjungan lapangan setelah tim pengawas (P2LS, Red) kami bentuk di DPR beberapa waktu lalu. Selanjutnya, kami akan mengawasi penanggulangan lumpur Lapindo ini selama tiga bulan,” kata Wakil Ketua P2LS Priyo Budi Santoso.

Sebelum melakukan kunjungan pertama itu, lanjut Priyo, mereka sudah mengundang Dewan Pengarah dan Badan Pelaksana BPLS, memanggil sejumlah menteri, menerima masukan dari warga korban lumpur, mendokumentasi laporan media massa, lalu membuat pemetaan masalah. “Hasil dari semua itu, kami memutuskan bahwa kami harus turun ke lapangan hari ini untuk merekam kondisi yang sebenarnya terjadi,” ujar ketua Fraksi Golkar DPR itu.

Priyo juga mengatakan, pengawasan yang dilaksanakan P2LS adalah untuk memastikan apakah poin-poin yang selama ini dikerjakan Dewan Pengarah BPLS, Badan Pelaksana BPLS, tim yang dibentuk pemerintah, serta Lapindo sudah sesuai dengan standar baku. Termasuk mengenai setting waktu yang sudah ditetapkan atau belum. Mekanismenya, imbuh dia, menyiapkan checklist pengawasan. “Kami akan contengin, mana yang sudah dikerjakan dengan baik dan mana yang belum.”(sat)


About this entry